Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

MENJADI AYAH

Written By gara on Rabu, 15 Agustus 2012 | 20.15

Menjadi Ayah

 

Tidak peduli seberapa sering Anda membaca mengenai persiapan menjadi orangtua baru, tidak ada seorangpun yang bisa mengatakan kepada kita saat si bayi lahir apa yang benar-benar kita harapkan. Diantara meninabobokan, tugas mengganti popok dan tahu jam menyusu, menjadi seorang ayah seperti menghentikan semua kegiatan yang sering Anda lakukan di masa lalu.

Mungkin saja Anda tidak siap meninggalkan itu semua dan memulai tugas baru sebagai seorang ayah. Situs iVillage  edisi 14 Juni 2012 memberikan 12 hal yang bisa Anda pelajari untuk menjadi seorang ayah :

1. Bercinta
Banyak dokter menyebutkan sedikitnya ada masa 6 minggu kehidupan tanpa seks setelah melahirkan, jadi pikirkan kembali sebelum pergi ke tempat tidur. Mungkin Anda tidak merasa ingin bercinta? Cobalah untuk fokus pada rangsangan lain dalam diri istri dan ingatlah selalu kalau bercinta tidak akan menyakiti bayi.

2. Berada di Ruang Persalinan
Jika Anda merasa tidak akan bisa mengatasinya, katakan tidak pada perawat. Atau mungkin akan lebih baik Anda tidak berada di dalam ruang persalinan, jika memang tidak mampu melewatinya dan mendapati istri Anda menatap wajah Anda yang pucat pasi.

3. Memberikan Hadiah
Tugas seorang ayah di ruang bersalin itu sangat mudah, hanya berdiri dan memberikan semangat. Jadi, agar tidak terlihat seperti seorang penggembira, hargai semua usaha yang dilakukan istri Anda. Bunga atau perhiasan sebagai tanda betapa bangganya Anda pada pasangan Anda.

4. Menemani Konsultasi Menyusui
Menyusui itu tugas utama, dan itu juga bisa membuat ibu menjadi lebih emosional. Jangan berusaha untuk memahami tekanan menyusui, jadilah pendukung tanpa pamrih. Dan jika ibu mengalami masalah, adalah tugas Anda untuk membawanya berkonsultasi tentang proses laktasi.

5. Menyiapkan Selimut Pembungkus
Membungkus bayi dengan ketat akan membuat mereka terlihat seperti menggunakan jaket yang ketat dan hangat. Perlu untuk membeli selimut yang bisa membungkus bayi Anda dengan hangat.

6. Menjadi Ayah Membuat Anda Lebih Seksi
Wanita lajang menyukai pria yang mau menjalankan tanggung jawabnya. Jadi sebagai seorang ayah baru, Anda akan lebih menarik bagi wanita dan tidak akan menyakiti siapapun jika ayah menikmati perhatian tambahan ini.

7. Bersiap dengan Sindrom Paska Melahirkan
Apapun situasinya, depresi pasca melahirkan bisa menjadi urusan yang serius dan mungkin sesuatu yang tidak bisa Anda tangani sendiri. Jika Anda berpikir istri Anda menderita gejala semacam ini, segerlah bicarkan dengan dokter Anda.

8. Tugas Mengganti Popok
Ayah harus bisa mengenali bentuk popok yang akan dikenakan bayinya. Ingat, kegiatan ini bukan untuk Anda, tapi untuk si bayi. Beberapa bayi menikmari pengalaman ini dalam kondisi apapun.

9. Membiasakan Diri Membersihkan Kotoran
Tidak hanya Anda harus membersihkan pakaian, karpet, lampin dan sofa, tapi Anda juga harus tahu warna, bau, seberepa sering dan bentuknya.  Buang semua rasa jijik di luar pintu.

10. Persiapkan Biaya Untuk Peralatan Bayi
Perkiraan apa yang akan Anda butuhkan untuk si bayi, mungkin saja lemari tambahan untuk menyimpan semua peralatan bayi yang nantinya tidak akan digunakan lagi. Atau bisa juga untuk memberikan barang-barang bekas ini kepada yang membutuhkan.

11. Memiliki Kerata Dorong Sendiri
Carilah kereta dorong yang bisa Anda dorong dengan satu tangan, sementara tangan yang lain bisa membawa kopi ataupun tas popok milik anak Anda.

12. Berkumpul Dengan Teman
 Dengan membawa bayi bersama Anda, akan membuat Anda hemat dalam biaya sewa pengasuh. Kebanyakan bayi akan tertidur dengan damai sementara Anda dan pasangan berbincang-bincang dengan teman. Dengan begitu Anda berdua akan lebih terhubung dengan bayi Anda dan ini adalah hal yang baik untuk selalu dijaga.

DEWI RETNO

0 komentar: