Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Bayi Anda Harus Belajar Berjalan

Written By gara on Jumat, 17 Agustus 2012 | 01.26


Setiap orang tua yang memiliki anak dibawah usia 1 tahun tentunya yang paling dia inginkan yaitu bagaimana sianak ini dapat bisa berjalan sendiri.  Sudah menjadi kebanggaan tersendiri bagi para orang tua apabila anaknya mulai bisa berjalan dengan sendirinya walaupun terkadang masih membutuhkan bantuan orangtuanya.
Menurut yang saya dengar bahwa rata-rata anak mulai belajar berjalan sekitar usia 11-15 bulan, banyak yang sudah menguasainya di sekitar usia 12 bulan, tapi banyak juga yang baru berhasil di usia 15 bulan. Suatu hal yang sangat bagus kalau si kecil mulai belajar di usia 11 bulan. Tentunya tidak langsung dilepas begitu saja, dengan bantuan orang tuanya sedikit demi sedikit sianak diajarkan berjalan.
Salah satu tonggak penting dalam kehidupan anak Anda adalah berjalan yang merupakan langkah besar menuju kepada kemandirian.  Saat ia mengalami transisi mulai dari berdiri memegang sofa, melangkah ragu-ragu menuju tangan Anda yang sedang terulur kepadanya, berlari, meloncat dan melompat dengan penuh percaya diri, saat itulah ia telah meninggalkan masa bayinya.
Saat bayi Anda berjalan berdiri, ia mungkin membutuhkan pertolongan untuk kembali duduk. Jika ia mulai tidak bisa melakukannya dan menangis, jangan langsung mendudukkannya.  Sebaliknya, perlihatkan padanya bagaimana cara membengkokkan lutut sehingga ia dapat duduk tanpa terjungkal, dan biarkan ia mencobanya sendiri.
Anda dapat mendorong bayi Anda untuk berjalan dengan berdiri atau berlutut di hadapannya dan memegang kedua tangannya untuk membuatnya berjalan maju,atau belilah mainan truk atau sejenisnya sehingga ia dapat memegangnya dan mendorongnya.  Karena alat baby walkers akan membuatnya terlalu mudah untuk berkeliling dan menyebabkan otot-otot kaki bagian atasnya tidak berkembang dengan benar, beberapa ahli tidak menyarankan penggunaan alat ini.  Anda juga dapat menunda memperkenalkannya dengan sepatu hingga bayi Anda dapat berjalan di luar ruangan atau di atas permukaan yang kasar atau dingin secara teratur.  Membiarkan kakinya telanjang menolongnya meningkatkan keseimbangan dan koordinasinya.
Sebagaimana biasa, pastikan bayi Anda berada di lingkungan yang lembut dan aman untuk menunjangnya dalam belajar ketrampilan baru.  Jangan pernah biarkan bayi Anda tanpa pengawasan sebgai antisipasi jika ia jatuh atau butuh pertolongan Anda.
Dalam 1 tahun pertama kehidupannya, bayi Anda mulai berangsur-angsur dapat mengkoordinasi kekuatan otot-otot di seluruh tubuhnya, belajar untuk duduk, berguling, dan merangkak sebelum mampu untuk berdiri di sekitar usia 8 bulan.  Sejak itu, sesuai dengan kepercayaan diri dan keseimbangannya–hampir semua bayi melakukan langkah-langkah pertamanya antara usia 9-12 bulan dan mulai berjalan dengan baik saat ia berusia 14 atau 15 bulan.  Jangan kuatir jika anak Anda di usia itu belum bisa berjalan; banyak anak normal lainnya yang tidak bisa berjalan hingga mereka berusia 16 atau 17 bulan.
Pada minggu-minggu pertama kehidupannya, saat Anda memegang bayi Anda pada bagian ketiaknya, ia akan menyentakkan kakinya dan mendorong permukaan keras di bawah dengan kakinya, hampir terlihat seperti berjalan.  Tetapi ini hanyalah gerakan refleks kaki-kakinya belum cukup kuat untuk menyangga tubuhnya dan ini akan hilang hingga usianya sekitar 2 bulan.
Saat bayi Anda berusia sekitar 5 bulan, jika Anda membiarkannya menyeimbangkan kakinya di atas pangkuan Anda, ia akan melonjak-lonjak ke atas dan ke bawah.  Melonjak-lonjak akan menjadi aktivitas favorit hingga 2 bulan berikutnya.  Kenyataannya, saat itu otot-otot kaki bayi Anda akan terus berkembang sementara ia menguasai ketrampilan berguling, duduk dan merangkaknya.
Saat usia sekitar 8 bulan, bayi Anda mungkin akan mulai mencoba menarik dirinya untuk berdiri sambil memegang furniture.  Jika Anda membuatnya berdiri sambil memegang sofa, ia akan ada di sana terus hingga Anda memindahkannya.  Setelah keterampilannya meningkat beberapa minggu kemudian, ia mulai meluncur berkeliling sambil tetap memegang furniture dan bahkan dapat berdiri sendiri tanpa bantuan.  Saat ia dapat melakukan hal itu, ia mungkin dapat melangkah saat dipegang dalam posisi berdiri dan bahkan mulai mencoba untuk mengambil mainannya sambil berdiri.
Saat usia 9 atau 10 bulan, bayi Anda akan mulai belajar membengkokkan lututnya dan belajar bagaimana cara duduk setelah berdiri (hal yang ternyata lebih sulit dari yang Anda kira!)
Saat usia 11 bulan bayi Anda mungkin sudah menguasai cara berdiri sendiri, membungkuk dan berjongkok.  Ia mungkin bahkan dapat berjalan saat mengenggam tangan Anda, walau ia mungkin tidak akan melakukan langkah-langkah pertamanya sendirian minimal hingga beberapa minggu kemudian. Sebagian besar anak kecil memulai berjalan dengan cara menjinjitkan jari-jari kakinya.
Pada usia 13 bulan, 75% anak kecil yang baru belajar berjalan telah dapat berjalan sendiri – walau kadang belum stabil.  Jika anak Anda masih tetap saja meluncur, ini berarti proses berjalan sendirinya akan memakan waktu lebih lama.  Beberapa anak tidak dapat berjalan hingga usia 16 atau 17 bulan bahkan lebih.
Setelah langkah-langkah pertama yang mencengangkan dan bayi Anda telah siap menuju kemandirian, ia mulai menguasi beberapa faktor mobilitasnya berikut ini:
  • Pada usia 14 bulan, si kecil yang baru belajar berjalan ini seharusnya dapat berdiri sendiri, mungkin dapat membungkukkan badannya kemudian berdiri kembali, bahkan juga dapat terus melakukan sesuatu sambil berjalan mundur.
  • Pada usia 15 bulan, rata-rata anak telah dapat berjalan baik dan suka mendorong atau menarik mainannya saat ia bertatih.
  • Pada usia sekitar 16 bulan, anak Anda mulai tertarik untuk naik dan turun tangga walau ia mungkin tidak ingin melakukannya sendirian dalam beberapa bulan pertama.
  • Hampir semua anak usia 18 bulan telah menjadi pejalan kaki yang trampil.  Banyak yang mulai menyukai naik/turun tangga dengan bantuan dan sepertinya suka memanjat semua furniture.  Ia  mungkin mulai mencoba menendang bola, walau tidak selalu berhasil dan mungkin juga suka menari jika Anda memainkan musik.
  • Pada usia 25 atau 26 bulan, langkah-langkah anak Anda mulai seperti gerakan orang dewasa.  Pada usia ini ia juga mulai dapat melompat dengan cara lebih baik.
  • Saat anak Anda hampir berusia 3 tahun, semua gerakan dasarnya akan menjadi gerakan alami. Ia tidak akan lagi memfokuskan banyak energi dalam berjalan,berdiri, berlari, atau melompat, walaupun untuk beberapa aktivitas, seperti berdiri berjinjit atau dengan 1 kaki tetap membutuhkan konsentrasi dan usaha kerasnya.
Beberapa anak yang sungguh-sungguh normal tidak dapat berjalan hingga mereka berusia 16 atau 17 bulan.  Yang penting adalah kemajuan dari ketrampilan-ketrampilan tsb.  Jika bayi Anda sedikit terlambat belajar berguling dan merangkak, maka ia butuh sedikit minggu ekstra atau bulan untuk berjalan pula sepanjang ia tetap ingin belajar hal-hal yang baru, Anda tidak perlu cemas.  Setiap bayi mengembangkan ketrampilannya dengan waktu dan cara berbeda-beda, beberapa lebih dahulu dari yang lainnya, tetapi jika kelambatan itu cukup signifikan lamanya, konsultasikan kepada dokter Anda.  Perlu diingat bahwa para bayi prematur akan melewati semua tahap perkembangan ini lebih lambat dari bayi lain seusianya yang lahir pada waktunya.
smbr:portalig

0 komentar: