Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Toilet yang tepat untuk ibu hamil

Written By gara on Minggu, 26 Agustus 2012 | 04.03

Toilet yang tepat untuk ibu hamil

 











Penggunaan toilet jongkok sudah lama ditinggalkan oleh banyak orang. Padahal bagi bumil, penggunaan toilet jongkok ternyata memberikan lebih banyak manfaat dibandingkan toilet duduk.
Menurut hasil penelitian, latihan jongkok semasa hamil dapat mengurangi berbagai hambatan dan rasa sakit saat bersalin. Jongkok diyakini sebagai posisi paling natural saat melahirkan, karena jalan lahir terbuka dengan sempurna pada posisi ini.
Latihan jongkok semasa hamil juga bisa meningkatkan elastisitas jalan lahir sehingga mampu membuka 20-30 persen lebih lebar.
Posisi jongkok juga bisa memperkuat otot paha dan perut agar siap digunakan untuk mendorong bayi saat lahir. Walaupun dianjurkan, bumil tetap perlu memerhatikan keamanan saat menggunakan toilet jongkok, seperti:

  1. Memastikan lantai dan pijakan kaki tidak licin.
  2. Jika memungkinkan, pasanglah pegangan di dekat toilet untuk membantu bumil berdiri.
  3. Menghindari gerakan berbahaya, seperti mengambil gayung atau tisu yang berada di luar jangkauan.
  4. Jika merasa tidak nyaman saat jongkok, misalnya pusing atau kesemutan, jangan dipaksakan! Konsultasikan dengan dokter, sebab gejala tersebut bisa menandakan adanya gangguan pada saraf dan peredaran darah.
  5. Jangan terlalu sering jongkok, atau hindari sama sekali jika memang ada komplikasi tertentu yang menyertai kehamilan. smbr: mom&babyindonesia

0 komentar: