Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Tahapan Imunisasi Bayi

Written By gara on Senin, 06 Agustus 2012 | 06.27



Bagi seorang Ayah dan Ibu menginginkan yang terbaik bagi buah hati yang baru lahir kedunia dan alahkah senangnya bisa memberikan kebutuhan secara penuh bagi bayi kita, sehabis melahirkan bayi akan diberi Imunisasi oleh dokter anak atau bidan yang sebelumnya akan meminta ijin kepada orang tua apakah sang bayi mau diberi Imunisasi yang sifatnya wajib yaitu berupa vitamin K yang fungsinya menanggulanginya terjadinya pendarahan karna sistem peredaran darah pada bayi belum sempurna  dan Vaksin Hepatitis B yang fungsinya mencegah virus  Hepatitis sejak dini.


1. Pemberihan Vitamin K dan Vaksin Hepatitis B
2.BCG diberikan sebelum bayi berumur satu minggu atau sebelum bayi berumur dua bulan yang berfungsi   melindungi terhadap penyakit TBC.
3.umur 1 bulan bayi diberi pengulangan Imunisasi untuk Vaksin Hepatitis B yang kedua.
4.Bayi berumur 2 bulan diberikan Imunisasi DPT , POLIO, HIB, IPD.
   DPT memberikan perlindungan terhadap penyakit batuk rejan, tetanus dan divteri diberikan 3 kali berturut turut dengan selang 1 sampai 2 bulan mulai usia 2 sampai 3 bulan perlu di berikan suntikan ulang sesuai jadwal.
  POLIO memberikan perlindungan terhadap penyakit Polio diberikan 4 kali berturut turut masing-masing dua tetes vaksin dengan selang satu sampai dua bulan mulai sejak setelah lahir perlu di berikan ulangan sesuai Jadwal.
  HIB mencegah penyakit radang selaput otak, radang paru yang disebabkan kuman hemofilius influensa tipe B diberikan suntikan berturut turut 2 sampai 3 kali selang satu sampai dua bulan mulai sejak setelah lahir perlu di berikan ulangan sesuai Jadwal.
  IPD memberikan perlindungan terhadaf infeksi selaput otak , selaput paru dan infeksi darah yang disebabkan oleh Pneumococcus di berikan suntikan 3 kali berturut turut pada saat umur 2 bulan , 4 bulan , 6 bulan perlu di berikan ulangan pada umur 12 bulan sampai 15 bulan.
5. Bayi berumur 6 bulan diberikan pengulangan Vaksin Hepatitis B yang ketiga
6. Bayi berumur 9 bulan diberikan imunisasi Campak
7. Bayi berumus 15 bulan diberikan Imunisasi pengulangan HIB ,IPD,dan  MMR yang fungsinya mencegah terhadap penyangkit campak , gondong, dan rubella (campak Jerman) tak perlu di ulang bila saat usia 9 bulan diberikan imunisasi campak.
8. Bayi berumur 18 bulan diberikan Imunisasi DPT dan POLIO yang ke 4
9. Bayi berumur 24 bulan diberikan Imunisasi Vaksin Hepatitis A, memberikan perlindungan terhadap penyakit radang hati oleh virus hepatitis A diberikan sebanyak 2 kali selang waktu 6 bulan, Varisela memberikan perlindungan terhadap cacar air,TIFOID memberikan perlindungan terhadap penyakit demam tifus.
10.Anak usian 6 Tahun diberikan pengulangan Vaksiin Hepatitis B yang ke 4 DPT POLIO yang ke 5.

Berikan yang terbaik untuk buah hati kita sepenuhnya karna kebahagian anak dan kesehatan anak menjadi tanggung jawab IBU dan AYAH.

0 komentar: