Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

WASPADA BERSEPEDA BAGI CALON AYAH

Written By gara on Sabtu, 15 September 2012 | 06.08

Bersepeda Bisa Membuat Ayah Mandul?

Bersepeda sekarang ini bukan hanya dijadikan sebagai olahraga, tapi juga sebagai gaya hidup. Malah, banyak para ayah yang memutuskan mengikuti komunitas bike to work alias menggunakan sepeda untuk ke kantor. Meski kegiatan satu ini memang memiliki banyak manfaat, tapi hati-hati dengan bahaya yang mengancam. Apa saja itu?
foto 1
Jangan Terlalu Lama
Mitos yang beredar selama ini adalah laki-laki yang terlalu sering bersepeda akan mengalami kemandulan atau bahkan disfungsi ereksi. Benar nggak ya? Menurut para peneliti dari University of California di Los Angeles (UCLA), laki-laki yang terlalu serius bersepeda cenderung lebih mungkin mengalami ketidakseimbangan hormon yang akhirnya memengaruhi kualitas sperma dan sistem reproduksi secara keseluruhan.
Laki-laki yang terlalu sering dan serius bersepeda akan mengalami peningkatan kadar estradiol, yaitu bentuk hormon estrogen pada pria yang diproduksi testosteron. Jika kadar estradiol meningkat, maka kualitas sperma akan mengalami penurunan yang bisa memengaruhi kesuburan. Selain itu, kelebihan kadar estradiol juga akan menimbulkan efek samping pada kondisi seksual sekunder laki-laki, diantaranya kerontokan bulu kemaluan dan membesarnya payudara.
Berdasarkan sebuah penelitian, sebanyak 31%-40% laki-laki yang bersepeda lebih dari lima jam dalam satu minggu juga mengalami penurunan jumlah sperma. Itulah mengapa para ahli menyarankan laki-laki agar nggak terlalu serius menjalani olahraga sepeda dengan nggak terlalu sering melakukannya.
Smbr:fimelafamily.com

0 komentar: