Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Makanan bayi usia 6 – 12 bulan mudah dan praktis

Written By gara on Sabtu, 15 September 2012 | 19.05

Makanan bayi usia 6 – 12 bulan mudah dan praktis

Kumpulan resep puree untuk balita dan cara membuat makanan halus untuk bayi 6 – 12 bulan terlengkap ini  yakin akan sangat berguna bagi Anda para orang tua yang tengah memiliki bayi atau balita khususnya yang telah menginjak usia 6 bulan ke atas. Memang beberapa orang tua ada yang mulai memberikan makanan berat atau makanan halus atau disebut juga PUREE (selain ASI dan susu formula) ketika bayi memasuki usia 4 atau 5 bulan, namun berdasarkan saran para ahli gizi bayi, ada baiknya puree mulai diberikan ketika bayi berumur 6 bulan. Makanan halus PUREE untuk bayi usia 6 – 12 bulan ini meliputi aneka bubur dan nasi tim saring yang saya yakin sudah tidak asing di telinga Anda. Beberapa diantaranya dapat dibuat dengan tepung gasol. Semua pasti sudah familiar dengan bubur bayi dan nasi tim saring, namun masih banyak yang bingung bagaimana resepnya dan cara membuatnya dan menghadirkan beberapa resep makanan halus untuk bayi dan yang terpenting adalah bagaimana cara membuat puree yang mudah dan praktis.
 Inilah beberapa resep mudah membuat puree (makanan halus) untuk bayi usia 6 – 12 bulan (balita):
Bubur Beras Merah
Siapkan bubur instant beras merah (bisa juga menggunakan tepung gasol beras merah) kemudian campur dengan susu formula 30 cc, aduk sampai rata dan halus.
Bubur Kacang Hijau
Bubur instant kacang hijau (bisa juga menggunakan tepung gasol kacang hijau) campur dengan susu formula 30 cc aduk sampai rata dan halus.
Bubur Havermuth
Rebus 2 – 3 sdm havermuth sampai setengah lunak dengan air panas. Setelah setengah lunak, masukkan susu formula 30 cc, lalu rebus sampai mendidih dan lunak.
Bubur Nasi Polos
Bubur Nasi Polos dapat dibuat dengan nasi yang sudah matang kira-kira 3 sdm, lalu tambah air secukupnya, rebus hingga menjadi bubur nasi yang halus dan agak kental (kira-kira 15 menit). Atau kalau mau cepat rebus hingga mendidih (kira-kira 5 menit ) lalu diblender/disaring. Untuk bubur nasi ini bisa dibuat dalam jumlah besar, kemudian disimpan di tempat plastik kecil dan simpan difreezer. Kalau mau makan tinggal dipanaskan dengan microwave atau direndam dalam air panas.
Bubur Jagung
Serut biji jagung muda, kemudian rebus sampai lunak dengan air panas, setelah itu campur dengan susu formula 30 cc, rebus sampai mendidih dan lunak. Atau cara lain yang lebih lebih cepat, boleh diblender setelah matang. Terakhir, saring untuk menghilangkan kulitnya.
smbr:anamblog

0 komentar: